DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK KALSIUM KLORIDA DARI LIMESTONE DENGAN PROSES NETRALISASI DENGAN KAPASITAS 10.000 TON/TAHUN
PENGARANG:FEKRY NORACHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


Prarancangan pabrik kalsium klorida dari batu gamping dengan proses Netralisasi dengan kapasitas 10.000 ton/tahun bertujuan untuk mencukupi keperluan kalsium klorida yang semakin naik pada tahun 2025 mendatang. Kalsium klorida dibidang industri digunakan sebagai bahan baku dan pendukung untuk keperluan cat, kosmetik, kertas dan lain-lain. Meningkatnya data impor kalsium klorida menjadi acuan dalam perancangan pabrik yang akan didirikan untuk memenuhi keperluan nasional.

Pembuatan kalsium klorida ini dilakukan dengan reaktor tangki berpengaduk sebagai tempat terjadinya reaksi antara batu gamping dan asam klorida pada suhu 40oC dan tekanan 1 atm dengan reaksi bersifat eksotermis. Selanjutnya produk yang dihasilkan dari reaktor akan dialirkan menuju rotary drum vacuum filter. Hasil keluaran berupa filtrat kalsium klorida yang akan dipompakan masuk ke evaporator dan dipompakan kembali masuk ke crystallizer untuk proses pengkristalan produk, selanjutnya diumpankan masuk ke rotary dryer untuk proses pengeringan. Setelah produk kering, produk akan dihaluskan dengan menggunakan ball mill sebelum masuk ke gudang produk kalsium klorida. Pabrik dibangun di daerah Bungah - Gresik, Jawa Timur. Perseroan Terbatas (PT) merupakan struktur hukum perusahaan, sedangkan garis (lines) dan staff merupakan struktur organisasi perusahaan. Total tenaga kerja yang dibutuhkan sebesar 120 orang terdiri dari sistem kerja shift dan non-shift.

Prarancangan Pabrik kalsium klorida dijadwalkan bekerja selama 330 hari selama 1 tahun. Hasil Analisa ekonomi prarancangan pabrik kalsium klorida didapatkan persentase ROI atau Return of Investment sesudah pajak adalah 17%. POT atau Pay out Time sesudah pajak sebesar 4,01 tahun. BEP atau Break Event Point sebesar 44% dan SDP atau Shut Down Point sebesar 23%. Berdasarkan analisa ekonomi, pabrik kalsium klorida kapasitas 10.000 ton/tahun dapat dibangun di Indonesia.

Kata Kunci: kalsium klorida, batu gamping, netralisasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI