DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DEMOKRATIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:FIBRI HIDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


Fibri Hidayani, 2020. Penanaman Nilai-Nilai Demokratis dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan, Jurusan  Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat pembimbing (1) Dr, H. Sarbaini, M. Pd. (2) Dian Agus Ruchliyadi S.Pd, M.Pd.

Kata kunci : Nilai, Karakter, Demokratis, Pembelajaran PPKn          

Sikap demokratis merupakan kepribadian seseorang yang mendorong siswa untuk bertindak sesuai nilai-nilai yang terkadung dalam demokratis. Maka seseorang siswa akan mempunyai sikap nasionalisme, dengan tertanamnya sikap demokratis maka akan muncul juga sikap menghormati pendapat dan hak orang lain, tidak memaksakan kehendaknya kepada orang lain, mengusahakan musyawarah untuk mencapai mufakat, menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah, keputusan musyawarahnya dapat dipertanggung jawabkan secara moral, menerima kekalahan dalam kompetisi yang jujur dan adil, berpikir terbuka, mampu mengendalikan emosinya, berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah-masalah publik, menyerasikan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan umum.

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan proses penanaman nilai-nilai indikator demokratis dalam menghormati pendapat dan hak orang lain, indikator tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, indikator berpikir terbuka (mau menerima ide baru atau pendapat orang lain walaupun berbeda), indikator berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah-masalah publik (termasuk aktif dalam kegiatan sekolah, memberikan masukan dalam pembuatan peraturan kelas, peraturan sekolah) pada pembelajaran PPKn di SMAN 6 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis dengan langkah-langkah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (conclusiondrawing/verification).

Hasil penelitian (1)Penerapan nilai-nilai demokratis telah dilaksanakan oleh guru dan siswa di SMAN 6 Banjarmasin,Guru PPKn selalu memotivasi siswa agar tidak memaksakan kehendaknya pada saat berlangsungnya proses belajar-mengajar, (2)Penanaman indikator berpikir terbuka bertujuan agar siswa dimasa depan sudah tertanam sikap berpikir terbuka dan mau menerima pendapat yang berbeda dari orang lain (3)kendala yang dirasakan oleh guru PPKn untuk menguatkan sikap siswa terletak pada siswanya sendiri dan terbatasnya kemampuan guru dalam mengenali siswa secara menyeluruh.

Berdasarkan hasil ini, disarankan bagi guru agar dapat memberi motivasi kepada siswa dalam melaksanakan pendidikan karakter dan juga dapat lebih memvariasi proses belajar-mengajar, bagi siswa dapat menanamkan indikator-indikator pendidikan karakter demokratis yang diajarkan oleh guru baik pada mata pelajaran PPKn maupun mata pelajaran lainnya dengan baik sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai seorang siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI