DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru
PENGARANG:MIFTAHUL HIJIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


Salah satu bentuk permasalahan yang banyak terjadi yaitu pada masalah kemiskinan yang masih dihadapi oleh beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia. Kemiskinan adalah suatu keadaan atau kondisi ketidakmampuan individu atau kelompok masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kondisi fisik maupun ekonomi serta kebutuhan pangan sehari-hari. Pada dasarnya dalam penelitian program bantuan pangan non tunai (BPNT) ini mengetahui bagaimana upaya dalam pelaksanaan kegiatan untuk menangani masalah kemiskinan dengan melalui program bantuan yang bersifat non tunai. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Sosial yang didalamnya bekerjasama denga pihak Dinas Sosial serta pemerintah daerah setempat kab/provinsi. Tujuan adanya program ini agar lebih efektif yang mana dapat mengurangi beban pengeluaran khususnya pada pemenuhan kebutuhan pangan, memberikan gizi, meningkatkan ketepatan sasaran dan ketepatan waktu, serta memberikan kemudahan dalam pertumbuhan ekonomi dengan berdagang kecil-kecilan.

Tujuan penelitian Untuk mengetahui Efektivitas Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru dan Untuk mengetahui Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru. Informan yang dijadikan untuk wawancara peneliti berjumlah 8 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program bantuan pangan non tunai (BPNT) di kelurahan cempaka kota banjarbaru sudah dikatakan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari pengukuran efektivitas program yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Dimana hasil penelitian terhadap wawancara tersebut semuanya dibilang sudah efektif yang pada intinya program BPNT tersebut sudah menunjukkan pelaksanaan yang berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.

Kata Kunci : Efektivitas, Program BPNT, Kemiskinan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI