DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBUTUHAN KELUARGA PASIEN DIRUANG INTENSIVE CARE UNIT: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:SITI RAHMI - 602
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


 

ABSTRAK

 

KEBUTUHAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT

 

Rahmi S

 

Latar Belakang: Intensive Care Unit (ICU) adalah ruangan untuk menangani pasien kritis. Perawatan pasien di ruang ICU berdampak pada pasien dan keluarganya baik dampak fisik maupun psikologis. Dampak psikologis akan semakin tinggi jika kebutuhan keluarga tidak terpenuhi.

 

Tujuan: Mengetahui kebutuhan keluarga pasien di ruang ICU dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kebutuhan keluarga pasien ICU.

 

Metode: Studi ini dilakukan dengan literature review. Sebelas literatur diidentifikasi dari empat data base yaitu: Google Scholar, Proquest, Science Direct, dan portal Garuda dalam rentang tahun 2015-2020. Desain penelitian artikel yang ditelaah adalah cross sectional dan deskriptif studi dengan populasi yaitu keluarga pasien ICU dengan usia ≥18 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Semua artikel dianalisis menggunakan intrumen JBI Critical Appraisal Tools-Cheklist for Analytical Cross Sectional Studies dan JBI Critical Appraisal Tools-Cheklist for Prevalence Studies dan memenuhi kriteria.

 

Hasil: Diantara lima domain kebutuhan keluarga pasien di ICU, domain jaminan merupakan yang paling prioritas. Sebelas artikel memenuhi kriteria inklusi dan diketahui bahwa faktor yang berhubungan dengan kebutuhan keluarga adalah faktor sosiokultural dan faktor sosiodemografi.

 

Pembahasan: Terdapat lima domain kebutuhan anggota keluarga pasien ICU antara lain: kebutuhan jaminan, kedekatan, informasi, kenyamanan, dan dukungan. Kebutuhan prioritas anggota keluarga pasien ICU adalah kebutuhan akan jaminan. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebutuhan prioritas keluarga pasien ICU yaitu faktor sosiokultural dan sosiodemografi diantaranya jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, hubungan dengan pasien, lama rawat pasien, dan keadaan pasien. Penting bagi perawat di area keperawatan kritis untuk melihat aspek sosiokultural dan sosiodemografi dalam membantu memenuhi prioritas kebutuhan keluarga pasien di ruang ICU.  

 

 

 

Kata Kunci: kebutuhan keluarga, Intensive Care Unit, ICU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI