DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Kunjungan Antenatal Care (Anc) Dan Motivasi Ibu Hamil Di Puskesmas Landasan Ulin Banjarbaru
PENGARANG:DESTY RIA SAFITHRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


ABSTRAK

GAMBARAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) DAN MOTIVASI IBU HAMIL DI PUSKESMAS LANDASAN ULIN BANJARBARU

Safithri, DR

Latar Belakang : Kunjungan Antenatal Care adalah kunjungan yang dilakukan ibu hamil ke fasilitas kesehatan agar dapat memantau kesehatan ibu dan janin. Kunjungan antenatal care dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu nya adalah motivasi. Jika ibu hamil memiliki motivasi yang tinggi, diharapkan dapat memenuhi frekuensi kunjungan antenatal care sesuai standar yakni minimal empat kali kunjungan selama kehamilan.

Tujuan : Mengetahui kunjungan antenatal care dan motivasi ibu hamil

Metode : Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling responden minimal 30 orang ibu hamil trimester III melalui google form.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil melakukan kunjungan antental care sesuai kunjungan sebanyak 20 responden (66,7%) dan tidak sesuai kunjungan sebanyak 10 responden (33,3%). Adapun mengenai Motivasi ibu hamil terhadap antenatal care yakni dalam kategori motivasi tinggi sebanyak 27 responden (90%) dan motivasi rendah sebanyak 3 responden (10%). Kesimpulan : Kunjungan antenatal care dan Motivasi di puskesmas landasan ulin banjarbaru sudah cukup baik. Dimana motivasi dikategorikan motivasi tinggi yajni 90% dan kunjungan sesuai jadwal 66,7%. Selain itu karakteristik responden juga ikut andil dalam mempengaruhi antenatal care, salah satunya yaitu pendidikan.

 

Kata Kunci : Ibu Hamil, Antenatal Care, Motivasi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI