DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH SIFAT FISIK TERHADAP KUAT TEKAN UNIAKSIAL BATUPASIR DI PIT UCE PT JORONG BARUTAMA GRESTON DESA SWARANGAN, KECAMATAN JORONG, KABUPATEN TANAH LAUT, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:VINDA MUSTIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


ABSTRAK

 

Analisis Pengaruh Sifat Fisik Terhadap Kuat Tekan Uniaksial Batupasir Hasil Kegiatan Pemboran Di Pit Uce PT Jorong Barutama Greston Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan

 

Vinda Mustika Sari

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat e-mail : vindamustika23@gmail.com

 

 

Pengujian sifat fisik dan kuat tekan uniaksial atau uniaxial compressive strength(UCS)danmenjadiparameterpenentuyangsangatpentingdalamberbagai keperluan rekayasa mekanika batuan. Kuat tekan uniaksial batuan utuh dipengaruhi oleh sifat fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antarparameter sifat fisik mencakup densitas, porositas dan kadar air dengan kuat tekan uniaksial menggunakan sampelbatupasir.

Pada penelitian tahap awal dilaksanakan uji sifat fisik dan uji kuat tekan uniaksial di laboratorium pada 8 conto batupasir, selanjutnya dianalisis pengaruh antarparameter sifat fisik mencakup densitas, porositas dan kadar air terhadap kuat tekan uniaksialnya.

Analisis data hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin besar porositas maka kuat tekannya semakin kecil dengan nilai porositas rata-rata 16% yang masuk ke dalam klasifikasi dianggap baik. Pada hasil analisis kadar air disimpulkan bahwa semakin berkurangnya kandungan air, maka kuat tekannya semakin meningkat dengan rata-rata kadar air sebesar 4% dan pada hasil analisis densitas dapat disimpulkan bahwa semakin besar densitas batuan, maka kuat tekannya semakin besar dengan densitas rata-rata 2,07 gr/cm3.

 

Kata Kunci : Kuat tekan uniaksial, sifat fisik

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI