DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Reformasi Birokrasi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur
PENGARANG:AINNUR HAFIDZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


ABSTRAK

 

Ainnur Hafidz,1610413110002 2020: “Reformasi Birokrasi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kotawaringin Timur”. di bawah bimbingan Dr. Jamaluddin, M.Si selaku pembimbing.

Pada penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan reformasi birokrasi yang berlangsung di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kotawaringin Timur. Manfaat penelitian ini dapat menjadi masukan bagi Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur dan dapat dijadikan bahan kajian ilmiah, serta dapat dijadikan referensi dan telaahan bahan uji untuk mengkaji yang lebih dalam lagi akan hasil yang sudah diteliti.

Prosedur riset ini merupakan kualitatif, dengan metode pengumpulan informasi ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Riset ini mengacu pada teori birokrasi yang dipaparkan oleh Max Weber, yang mana dalam teori tersebut dipaparkan bagaimana birokrasi yang rasional, mulai dari jabatan, struktur pengembangan karier, tugas serta guna tiap jabatan, sistem tata laksana, serta lain sebagainya.

Hasil dari penelitian ini menunjukan gambaran mengenai penerapan reformasi birokrasi yang berlangsung di Bappeda Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam menjalankan reformasi birokrasi, Bappeda sudah menggunakan pendekatan yang baik terhadap masyarakat dan instansi-instansi terkait baik itu untuk menyerap aspirasi maupun pada proses pelayanannya. Pendekatan tersebut terdiri dari pendekatan teknokratik, pendekatan politik, pendekatan partisipatif, pendekatan top down dan bottom up. Selain itu, Bappeda juga memberikan kesempatan untuk pegawainya untuk mengembangkan diri. Namun, dibalik itu semua masih ada titik kekurangan yang harus ditingkatkan, seperti kualitas sumber daya manusia sebagai penggerak utama birokrasi dan juga sarana dan prasarana penunjang yang ada.

Secara garis besar diharapkan Bappeda mampu meningkatkan kualitasnya dalam rangka reformasi birokrasi. Karena fungsi Bappeda adalah sebagai wadah penyelenggaraan penelitian dan perencana di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, dalam tujuan pembangunan secara umum.

 

Kata kunci : birokrasi, reformasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI