DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi peraturan presiden nomoe 104 tahun 2007 tentang penyediaan, pendistribusian dan penetapan harga lpg tabung 3 kg bersubsidi.
PENGARANG:NINA ROSALINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


     Kebijakan tabung gas 3 kg bersubsidi di kecamatan Amuntai Tengah kabupaten Hulu Sungai Utara sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena selain digunakan untuk rumah tangga, tabung gas 3 kg ini juga digunakan oleh masyarakat untuk menjalankan usaha kecil mereka.

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (a) Untuk mengetahui sistem penyediaan, pendistribusian, dan penetapan harga lpg tabung 3 kg di kecamatan Amuntai Tengah kabupaten Hulu Sungai Utara. (b) Untuk mengetahui upaya pemerintah dalam menangani masalah apabila terjadi kelangkaan dan harga gas lpg bersubsidi tidak sesuai dengan harga standar eceran. 

    Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini di analisis menggunakan teori George C. Edward III (dalam Subarsono, 2011: 90-92) dan telah di adaptasi oleh peneliti dengan melihat faktor-faktor yang di sebutkan di dalam teori tersebut.

     Hasil dari penelitian ini adalah : Implementasi tabung gas 3 kg bersubsidi di kecamatan Amuntai Tengah kabupaten Hulu Sungai Utara, baik pendistribusiannya dan penetapan harga nya masih belum optimal. Dilihat dari kelangkaan yang di alami dan adanya penerima kebijakan yang bukan kelompok sasaran, serta melambungnya harga eceran tabung gas 3 kg bersubsidi. Tetapi segala proses implementasi nya sudah di optimalkan oleh pemerintah dengan sebaik mungkin.

     Berdasarkan dari hasil penelitian disarankan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara : (a) Mensosialisasikan implementasi tabung gas ini kepada seluruh masyarakat agar masyarakat tahu yang mana yang berhak mendapat tabung gas bersubsidi ini dan yang mana yang tidak berhak. (b) Meningkatkan prosedur pembagian tabung gas kepada masyarakat dengan membuatkan kartu pengambilan tabung gas 3 kg bersubsidi agar hanya masyarakat yang termasuk ke dalam kelompok sasaran yang boleh mengambil tabung gas bersubsidi dengan menunjukkan kartu tersebut. (c) Mengontrol para pengecer dalam penjualan tabung gas agar tidak terjadi penjualan tabung gas 3 kg bersubsidi yang harga nya melebihi dari harga eceran tertinggi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI