DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pemanfaatan Claystone sebagai Alternatif Bahan Pengganti Agregat Halus terhadap Kualitas Paving Block
PENGARANG:FIKRY PANDU PUTRANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-02


ABSTRAK

Claystone adalah batuan yang pada umumnya bersifat plastis, berkomposisi hidrous alumunium silikat (2H2OAL2O32SiO2) atau mineral lempung yang mempunyai ukuran butir halus. Pada saat dilakukan pembangunan TPA Regional Banjarbakula ditemukan cukup banyak material claystone, dimana ada sekitar lebih dari 8000 m3claystone. Karena tidak dimanfaatkan dengan cukup baik, sebagian besar claystone tersebut dibuang dan dipindahkan dari TPA Regional Banjarbakula. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan pemanfaatan, agar apabila ditemukan lagi material claystone dalam jumlah yang besar tidak akan terbuang sia-sia dan dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh claystone yang ditemukan di TPA Regional Banjarbakula sebagai alternatif bahan pengganti agregat halus terhadap kualitas paving block dan mengetahui campuran yang optimum. Pada pembuatan sampel paving block variasi claystone yang digunakan sebanyak 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% dengan FAS 0,4. Sedangkan untuk pengujian penyerapan air dan ketahanan terhadap natrium sulfat pada paving block dilakukan pada umur 28 hari.

Berdasarkan hasil pengujian kuat tekan, paving block dengan campuran claystone 25% pada umur 56 hari memiliki nilai kuat tekan terbesar dengan 24,74 MPa atau mengalami peningkatan kekuatan sebesar 13,17% dibandingkan dengan paving block tanpa campuran claystone yang memiliki nilai kuat tekan sebesar 21,86 MPa. Untuk pengujian penyerapan air pada paving block dengan kisaran hasil 0,05% - 0,1%. Sedangkan pada pengujian ketahanan terhadap natrium sulfat paving block tidak mengalami kerusakan dan selisih beratnya kurang dari 1% yaitu sebesar 0,28%.

 

Kata kunci : Paving block, Claystone, TPA Regional Banjarbakula

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI