DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN CARA GURU MENGAJAR PJOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD ANTON HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-02


ABSTRAK

Muhammad Anton Hidayat. NIM 1610122310029, 2020. Analisis Kesesuaian Cara Guru 

Mengajar PJOK Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Tamban Kabupaten Barito 

Kuala. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan 

Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung 

Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Sarmidi, M.Kes, AIFO. (II) Drs. Sofyan, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase kesesuaian cara mengajar 

yang dilakukan oleh guru PJOK di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Tamban 

Kabupaten Barito Kuala. Penelitian yang dilakukan dengan subyek guru pendidikan 

jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif 

adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan 

analisis. Data yang dikumpulkan berupa angket.

Data yang terkumpul selama penelitian adalah data lembar observasi (angket) yang 

di isi oleh guru pendidikan jasmani secara langsung berdasarkan RPP dalam proses 

pembelajaran yang telah dilakukan guru pendidikan jasmani. Populasi dalam penelitian ini 

adalah guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri Sidorejo 1, Sekolah Dasar 

Negeri Sidorejo 2 dan Sekolah Dasar Negeri Tamban Muara 1.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan 

kuantitatif. Deskriptif kualitatif berupa deskripsi hasil pengamatan dan deskriptif 

kuantitatif berupa perbandingan hasil pengamatan.

Secara keseluruhan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesesuaian cara guru 

mengajar PJOK di tiga Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tamban Kabupaten barito 

Kuala adalah >85%- <100%.

Kata kunci: Analisis, Cara Guru Mengajar, Guru Pendidikan Jasmani.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI