DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN (1 – 10) MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE TANYA JAWAB DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA ANKELOMPOK A TK BUDI HARAPAN BANJARMASIN
PENGARANG:SITI RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-04


ABSTRAK

 

SITI RAHMAH, 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan (1-10) Menggunakan Kombinasi Metode  Tanya Jawab dengan Model Make A Macth Pada kelompok  A TK Budi Harapan Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ibu Dr. Ririanti Rachmayanie, S.Psi, M.Pd   

 

 

Kata Kunci : Tanya Jawab,  Make a Match, Kognitif

 

Permasalahan yang terjadi adalah pengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan (1-10) masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan mengembangkan kemampuan kognitif anak  Dalam Mengenal Lambang Bilangan (1-10) Menggunakan Kombinasi Metode  Tanya Jawab dengan Model Make A Macth Pada kelompok  A TK Budi Harapan Banjarmasin.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak kelompok A di  TK Budi Harapan  Banjarmasin Utara  dengan jumlah anak 10 orang  anak pada semester Itahun pelajaran 2018/2019. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila aktivitas guru sangat baik, aktivitas anak aktif dan hasil pencapaian perkembangan Berkembang Sesuai Harapan .

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi metode tanya jawabdan model make a match pada upaya pengembangan kognitif anak mengenal lambang bilangan (1-10) pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas anak dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif dan pada pengembangan belajar anak secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)

Saran untuk guru PAUD agar mencoba menerapkan model pembelajaran ini sebagai salah satu upaya agar dapat mengembangkan hasil belajar anak dalam kemampuan kognitif sehingga mendapatkan hasil belajar secara optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI