DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Biografi Dewi Dalam Partisipasi Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Sumber Berkah Gunung Sari RT.14 Kelurahan Belimbing Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong
PENGARANG:ENDY RIZKY RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-04


ABSTRAK

Endy Rizky Ramadhani, D1B11426, 2020: “Biografi Dewi Dalam Partisipasi Pengelolaan sampah di Bank Sampah Sumber Berkah Gunung Sari RT.14 Kelurahan Belimbing Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong”. Di bawah bimbingan pathurrahman dan Apriansyah

Tujuan dari penelitia ini adalah untuk mengetahui partisipasi yang diakukan Dewi dalam pengelolaan Bank Sampah Sumber Berkah di Gunung Sari, Keluarahan Belimbing, Kecamatan murung Pudak, Kabupaten Tabalong serta mendeskripsikan dan menganalisis bentuk partisipasi dalam sumbangan ide atau gagasan, sumbangan harta, sumbangan tenaga, pemanfaatan dan penyelenggaraan pelayanan pembangunan.

Untuk mencapai tujuan pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode biografi. Metode biografi adalah proses menguji dan menganalisa secara kritis suatu peristiwa seorang tokoh dalam perjalanan karirnya. Metode biografi yang pertama adalah Heuristik. Yakni dimulai dari mencari sumber primer ataupu sekunder. Yang kedua setelah data ditemukan kemudian dilakukan penafsiran terhadap sumber data yang disebut dengan analisis data, dan Historiografi merupaka tahap terakhir yakni usaha untuk merekonstruksi suatu kejadian dengan memaparkan secara terperinci, sistematis dan komunikatif.

penelitian ini menunjukkan bahwa Dewi Kurina merupakan seorang tokoh inspiratif dalam membangun dan mengelola bank sampah sehingga dapat merubah pola pikir masyarakaat dalam mengelola sampah dan memelihara lingkungan. Hal ini dibuktikan pada empat bentuk partisipasi yang dilakukannya yaitu dalam menyumbangkan ide atau gagasan agar bank sampah menjadi menarik dan mengubah sampah menjadi kerajinan tangan yang sangat indah, sumbangan tenaga yang membuat masyarakat sadar akan pentingnya memelihara lingkungan, sumbangan harta yang Dewi berikan dalam melngkapi kebutuhan agar bank sampah dapat beroprasi dengan lancar dan pemanfaatan pelayanan pembangunan yang Dewi lakukan agar masyarakat merasa tertarik sehingga turut berpartipasin dalam mengelola sampah di bank sampah Sumber Berkah.

            Berdasarkan hasil penelitian, sangat memungkinkan untuk merekomendasikan kepada semua pihak untuk turut berpartisipasi dan meningkatkan kesaaran agar semua kebaikan dapat terlaksana. 

 

Kata Kunci: Dewi, Partisipasi, Bank Sampah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI