DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS MASYARAKAT DI MASJID AGUNG AL MUNAWWARAH BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:WIDYA RAMADHANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-04


ABSTRAK

Widya Ramadhanti. 2020.  Aktivitas Masyarakat di Masjid Agung  Al Munawwarah Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd (2) Jumriani, M.Pd.

Kurikulum  2013 sebagai suatu acuan dalam pelaksanaan pembelajaran menghendaki peserta didik dapat belajar dan memberikan kesadaran yang bermakna dalam kehidupannya. Peran serta guru sebagai fasilitator dengan memanfaatkan media dan ditunjang oleh sumber belajar yang inovatif dan kontekstual penting untuk dilakukan, satu diantaraanya dengan memanfaatkan masjid dan aktivitas di dalamnnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana kondisi Masjid Agung Al Munawwarah, (2) bagaimana bentuk aktivitas masyarakat dalam memfungsikan Masjid Agung Al Munawwarah, dan (3) bagaimana relevansi Masjid Agung Al Munawwarah dijadikan sebagai sumber belajar IPS. 

Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ialah  peneliti  sendiri. Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Perpanjangan pengamatan  dilakukan untuk mendapatkan data yang kurang lengkap.

Hasil penelitian dideskripsikan dalam tiga bagian yakni: (1) kondisi objektif Masjid Agung Al Munawwarah memiliki berbagai fasilitas, serta kebersihan dan keindahan di area masjid, (2) bentuk aktivitas masyarakat dalam memfungsikan Masjid Agung Al Munawwarah meliputi aktivitas utama keagamaan, aktivitas sosial dalam kaitannya dengan sesama, dan ekonomi terkait peran masjid terhadap perekonomian masyarakat sekitar, (3) Masjid Agung Al Munawwarah dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS pada materi interaksi sosial dan lembaga sosial, aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan, pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan.

Kata Kunci: Aktivitas Masyarakat, Masjid, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI