DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Buku Ilmiah Famili Poaceae di Hutan Pantai Tabanio terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa
PENGARANG:Nurul Hikmah, S. Pd
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-05


Mahasiswa merupakan salah satu elemen penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa di tengah globalisasi. Adanya keluhan bahwa lulusan perguruan tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang masih rendah membuat penelitian ini dirancang dengan memanfaatkan potensi lokal agar mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang dimaksud. Penggunaan buku pada mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi di S1 Pendidikan Biologi FKIP ULM khususnya pada sub-materi Famili Poaceae masih terbatas dari segi penjabaran dan contoh spesies. Buku yang digunakan dalam perkuliahan belum dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sehingga diperlukan adanya bahan ajar berupa pengayaan pada sub-materi ini. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ilmiah Famili Poaceae di Hutan Pantai Tabanio dengan menggunakan aspek-aspek berpikir kreatif yang valid, praktis dan efektif.

Model pengembangan buku ilmiah mengadaptasi evaluasi formatif Tessmer (1998) yang dibatasi hanya pada self evaluation, expert review dari 3 dosen Magister Pendidikan Biologi ULM yang meliputi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, one-to-one  evaluation yang meliputi 3 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FKIP ULM yang telah lulus mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi dan small group evaluation meliputi 5 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FKIP ULM yang telah lulus mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, instrumen kepraktisan isi, instrumen kepraktisan harapan, instrumen keterlaksanaan harapan dan instrumen keefektifan harapan.

Penilaian yang diberikan ahli terhadap buku ilmiah Famili Poaceae di Hutan Pantai Tabanio yang dikembangkan memperoleh kriteria valid  (3,59). Keunggulan buku ini memiliki alur penulisan yang sistematis dan terstruktur, memuat bahasan yang merupakan kekayaan potensi lokal Kalimantan Selatan, desain sederhana dan mudah dipahami, memuat kunci determinasi hingga genus, menyajikan fitur berpikir kreatif dan menampilkan gambar asli yang diambil langsung dari hutan pantai Tabanio.Penilaian responden pada kepraktisan isi buku ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria yang sangat baik (88,89%). Penilaian responden pada kepraktisan harapan buku ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik (83%). Penilaian observer pada keterlaksanaan harapan buku ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik (82%). Penilaian keefektifan harapan buku ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria tinggi (80,80) dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada ketiga memperoleh kriteria  sedang dengan N-gain (0,67). Dengan demikian, buku ilmiah Famili Poaceae di Hutan Pantai Tabanio yang dikembangkandinyatakan valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI