DIGITAL LIBRARY



JUDUL: EFEKTIFITAS PERMAINAN SNAKE AND LADDER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK AUTIS KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:DEVY ANGGRAENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-05


Devy Anggraeni, 161012732002. 2020. Efektifitas Permaianan Snake And Ladder Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Autis Di Sekolah Dasar Negeri Sungai Andai 3 Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Dosen Pembimbing I: Eviani Damastuti, M.Pd dan Pembimbing II: Machmud Fauzi, M.Pd.

Kata Kunci: Anak Autis, Kemampuan Bahasa Ekspresif, Media Permainan Snake And Ladder

Anak  autis  seringkali  bingung  memahami bahasa yang disampaikan oleh orang lain karena anak autis mengalami kerusakan pada otaknya. Sehingga pemrosesan informasi anak autis tidak sama seperti orang pada umumnya untuk sehari-harinya. Seperti kemampuan anak dalam berbahasa ekspresif. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis perlu diadakannya kegiatan atau latihan yaitu dengan berbagai media. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media permainan snake and leader sehingga  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media permainan snake and leader dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis.

Metodependekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eskperimen dengan penelitian subjek tunggal atau SSR (Single Subject Reseacrh). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A, subjek dalam penelitian ini adalah anak autis kelas III SD Negeri Sungai Andai 3 Banjarmasin. Sistem pencatatan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukkan baseline 1 (A1) anak mendapatkan skor 50%, pada tahap intervensi (B) kemampuan anak berhasil meningkatkan dan mendapatkan skor 50%-60% dan pada tahap baseline 2 (A2) kemampuan anak meningkat dan mendapatkan skor 83%-95%.Maka dapat bahwa penggunaan media permainan snake and leader efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif yang terhitung dalam ekspresif yang ditonjolkannya pada anak autis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI