DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (Studi Efektivitas Komunikasi Pada Akun Media Sosial Instagram Bagian Protokol dan Komunikasi Pemerintah Kota Banjarmasin)
PENGARANG:HALIM FADHIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-05


 

HALIM FADHIL. D1C115010. 2020. Pengelolaan Cyber Public Relations Dalam Keterbukaan Informasi Publik (Studi Efektivitas Komunikasi Pada Akun Media Sosial Instagram Bagian Protokol dan Komunikasi Pemerintah Kota Banjarmasin). Dibawah bimbingan Dr. Siswanto Rawali, S.Sos.,M.Si dan Muhammad Muthahhari Ramadhani, S.I.Kom, M.I.Kom.

 

Pemerintah Kota Banjarmasin memanfaatkan kemajuan teknologi internet melalui media sosial Instagram guna menjalin hubungan eksternal kepada masyarakat, upaya Pemko Banjarmasin membuat sosial media Instagram protokol dan komunikasi sebagai sarana keterbukaan informasi. Dalam pengelolaan feedback dari masyarakat terhadap unggahan instagram, Pemko dinilai kurang profesional sehingga menimbulkan kesan yang tidak begitu baik bagi masyarakat, serta unggahan pada media sosial Pemko Banjarmasin terkesan kurang rapi dan tertata untuk akun resmi instansi pemerintah kota. Penelitian yang digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan Cyber Public Relations dalam keterbukaan informasi publik pada akun Instagram bagian protokol dan komunikasi Pemko Banjarmasin dinilai efektif dengan penilaian publik terhadap Instagram resmi pemerintah dominan memberi penilaian yang bagus, secara struktural Instagram Pemko Banjarmasin memiliki sub-bagian yang bertanggung jawab untuk mengelola informasi. Dalam pengelolaannya Instagram Pemko Banjarmasin, dari segi desain tampilan dinilai kurang menarik serta belum dimanfaatkannya secara maksimal fitur yang terdapat di Instagram untuk memberikan informasi lebih aktual sehingga masyarakat yang mengakses Instagram untuk memperoleh informasi hanya bergantung pada postingan utama. Disarankan hendaknya Instagram Pemko Banjarmasin memiliki sumber daya manusia yang berkompeten dalam hal desain visual maupun audio visual agar menghasilkan publikasi informasi yang menarik untuk dilihat.

 

Kata Kunci:  Cyber Public Relations, Keterbukaan Informasi, Pemerintah Kota Banjarmasin

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI