DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Ekstrakurikuler Combo Band di SMA Negeri 8 Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD RIVALD AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-06


ABSTRAK

   Akbar, Muhammad Rivaldi. 2020.  Pembelajaran Ekstrakurikuler Combo Band di SMA  

            Negeri 8 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Sendratasik, Jurusan Pendidikan  

            Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung  

            Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Maryanto M.Sn. Pembimbing (II)

            Muhammad Najamuddin, M.Pd.

Kata Kunci : Pembelajaran,Ekstrakurikuler, Combo Band,SMA 8 Banjarmasin,

                      Kualitatif.

Hasil observasi wawancara peneliti pada tanggal 11 januari 2020,  dengan pihak sekolah SMA Negeri 8 Banjarmasin yang beralamatkan di Jl. SMAN 8,Alalak Tengah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ditemukan data Ekstrakurikuler Combo Band di SMA Negeri 8 Banjarmasin merupakan Ekstrakurikuler di bidang seni yang paling diminati daripada ekstrakurikuler seni lainnya karena ekstakurikuler combo band adalah ekstrakurikuler kesenian yang pertama kali di SMA Negeri 8 Banjarmasin yang didirikan pada tahun 2014 hingga sekarang, Ekstrakurikuler combo band di SMA 8 Banjarmasin juga sering mengikuti event lomba, di undang dalam program TVRI tema acara ‘’ Pentas anak Sekolah’’ serta pensi maupun di acara perpisahan di SMA Negeri 8 itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran kelompok 1 pada kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan di SMA Negeri 8 Banjarmasin yang ditinjau dari aspek penyiapan materi pembelajaran ekstrakurikuler combo band.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler combo band dan siswa siswi yang tergabung di kelompok 1 dalam kegiatan ekstrakurikuler combo band di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kamera digital untuk memotret dan video kegiatan ekstrakurikuler proses proses pembelajaran ekstrakurikuler combo band. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, setelah itu data disajikan dan yang terakhir adalah menarik kesimpulan

Hasil Penelitian menunjukan bahwa: sesuai instruksi pelatih, pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler combo band pada kelompok 1 di SMA negeri 8 Banjarmasin, dalam  3 kali pertemuan siswa siswi mampu memainkan lagu ‘’Fiersa Besari-waktu yang salah’’. Sedangkan tahap pembelajaran terdiri dari awal, inti dan akhir. Evaluasi pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler combo band difokuskan pada kemampuan siswa dalam menguasai teknik permainan, rasa tanggung jawab dan materi sesuai arahan pelatih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI