DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN BENCANA NASIONAL COVID-19 DI INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA)
PENGARANG:NANDA PUTRI NURKHALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal sebelum dan sesudah pengumuman bencana nasional COVID-19 di Indonesia. Hal tersebut dapat diukur menggunakan abnormal return dan trading volume activity. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ-45 pada periode Februari 2020 hingga Juli 2020 sebagai populasi penelitian, dan jumlah sampel yang dipilih sebanyak 31 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian ini termasuk studi peristiwa (event study). Pada penelitian ini periode yang digunakan adalah 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah pengumuman. Penelitian ini bersifat penelitian sekunder, dengan cara mengumpulkan data melalui teknik dokumentasi.

Hasil dari uji hipotesis I menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata abnormal return pada periode sebelum dan sesudah pengumuman bencana nasional COVID-19 di Indonesia. Hasil dari uji hipotesis II menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata trading volume activity  pada periode sebelum dan sesudah pengumuman bencana nasional COVID-19 di Indonesia.

 

Kata Kunci: Pasar Modal, Event Study, Abnormal Return, Trading Volume Activity, COVID-19.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI