DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Perancangan Sistem Drainase pada Proyek Pasar Bauntung Banjarbaru
PENGARANG:SUSIANTO KUMALANDANI - 1155
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


ProyekPasarBauntungBanjarbarumerupakansalahsatuproyekkonstruksi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang dimulai dari tanggal 6 Desember 2019 denganwaktupelaksanaan390harikalender.Proyekinidimonitoriolehkontraktor pelaksana PT. Nindya Karya (PERSERO) Wilayah III dan konsultan manajemen konstruksi PT. Delta Buana. Anggaran pelaksanaan proyek ini bersumber dari APBDKotaBanjarbaru.LokasiProyekiniterletakdiJalanPangeranAntasariNo.6 Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Sistem Drainase eksisting yang ada di lokasi penelitian adalah saluran pracetak box culvert dan u- ditch yang banyak digunakan pada pelaksanaan sistem drainase di Indonesia. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis mengenai tinjauan desain sistem drainase di lokasi proyektersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data pendukung yang selanjutnya dilakukan analisis hidrologi dengan data curah hujan harian dari tahun 1999 – 2018 untuk mendapatkan data hujan rancangan dan debit rancangan. Kemudian dilakukan analisis hidraulika pada saluran drainase eksisting di lokasi penelitian untuk mendapatkan debit eksisting di lapangan. Setelah keduanya didapatkan maka kedua debit dibandingkan lalu dicari permasalahannya kemudian dilakukan evaluasi.

Dari hasil penelitian ini diperoleh debit rancangan yang digunakan adalah sebesar 0,0178 m3/detik yang mana didapatkan dari debit rancangan kala ulang 10 tahun sebagai safety factor karena air yang ditampung pada saluran drainase tidak hanyaairhujantetapijugaairdariaktivitaspasar.Volumetotaldrainaserancangan sebesar 537,31 m3 dan anggaran biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 479.153.701.

 

 

 

 

Kata kunci : pasar bauntung banjarbaru, sistem drainase, debit, hidrologi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI