DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SAHRUJI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


 

Sahruji.  2020.   Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Make a Match pada Siswa kelas V SDN Sungai Andai 3 Banjamasin. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

 

 

Kata Kunci: Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT),

 

                    Make a Match

 

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Andai 3 materi kebebasan berorganisasi belum memenuhi kriteria ketuntasan individu yaitu >70. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan siswa kurang aktif karena proses pembelajaran bersifat satu arah (teacher centered) dan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Oleh karen itu dilaksanakan pembelajaran dengan kombinasi Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT)Make a Match. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran  dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Make a Match.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin yang berjumlah 34 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis cross tabel. Indikator keberhasilan yaitu peningkatan  aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terlaksanadengan kriteria sangat baik. (2)Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan menjadi mayoritas sangat aktif.(3) Pembelajaran PKn dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Make a Matchdapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kesimpulan  penelitian ini bahwa aktivitas guru sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa klasikal dan individual sudah memenuhi indikator  keberhasilan dengan kriteria sangat aktif.  Hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun individual. Kepada gurudapat menjadikan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match ini sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran untuk materi lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kepala Sekolah perlu mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Kepada peneliti selanjutnya sebagai salah satu referensi selanjutnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI