DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEHIDUPAN SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT TRANSMIGRAN PASCA-EKSPANSI PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA DI DESA WONOREJO KECAMATAN JUAI KABUPATEN BALANGAN 1989-2019
PENGARANG:Siti Nurdianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


Siti Nurdianti, 2019. Kehidupan Sosial-Ekonomi Masyarakat Transmigran Pasca Ekspansi Perusahaan Tambang Batubara di Desa Wonorejo Kecamataan Juai Kabupaten Balangan 1989-2019. (Pembimbing I: Dra. Hj. Rochgiyanti, M.Si., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. M. Zaenal Arifin Anis, M.Hum.)

Masyarakat transmigran datang ke Desa Wonorejo pada tahun 1988-1989 untuk mengembangkan perkebun an karet di bawah naungan PTP 8. Kemudian Pada tahun 2006 perusahaan tambang batu bara PT Adaro melakukan ekspansi lahan hingga ke desa ini. Wilayah-wilayah yang dulunya merupakan permukiman dan lahan kebun warga, berubah menjadi konsesi tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kehidupan sosial ekonomi masyarakat transmigran di Desa Wonorejo sebelum dan sesudah industri pertambangan melakukan ekspansi ke wilayah mereka.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan langkah-langkah 1) heuristik, yaitu mencari dan menghimpun sumber-sumber untuk mendapatkan data, dengan menjadikan wawancara masyarakat transmigran Desa Wonorejo sebagai sumber primer. Studi kepustakaan menjadi sumber sekunder untuk membangun kerangka pemikiran. 2) Kritik, data-data yang telah dihimpun kemudian diverifikasi keasliannya secara kritis. Baik eksternal maupun internal.

3)Interpretasi, yakni menafsirkan berbagai fakta yang telah didapat dari hasil kritik. 4) Historiografi, yakni akhir dari hasil penelitian dengan menuliskannya menjadi karya ilmiah.

Hasil penelitian menunjukkan masyarakat desa wonorejo telah berhasil mencapai kehidupan sosial dan ekonomi yang stabil hingga tahun 2005. Namun, setelah ekspansi lahan perusahaan tambang, justru terjadi konflik yang membuat kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Desa Wonorejo berubah menjadi kacau. Lahan karet milik masyarakat menjadi beralih fungsi menjadi konsesi pertambangan. Desa Wonorejo yang dulu menjadi daerah yang ramai sekarang ditinggalkan warganya satu-persatu dan menjadi lubang tambang. Masyarakat transmigran yang diharapkan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan pun harus mempertahankan sumber-sumber penghidupan mereka dalam bayang-bayang konflik.

Kata Kunci : Kehidupan Sosial-ekonomi, Transmigrasi, Ekspansi Tambang

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI