DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Faktor Motivasi Peternak terhadap Kinerja Pemeliharaan Ayam Broiler Mitra PT. Ciomas Adisatwa Di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar
PENGARANG:M. RIZKAN NOR RASADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor motivasi peternak dan dampaknya terhadap kinerja pemeliharaan ayam broiler mitra PT. Ciomas Adisatwa di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Penelitian ini menggunakan metode survei dan data dianalisis secara statistik dan deskriptif. Untuk mengukur variabel penelitian yang digunakan maka dilakukan pengukuran dengan cara mengurai indikator-indikator variabel dalam bentuk item-item pertanyaan/pernyataan yang disusun dalam kuesioner dengan bobot nilai (skor) jawaban 1-5. Untuk memperoleh nilai total masing-masing variabel adalah dengan menjumlahkan nilai-nilai dari item pertanyaan dan kemudian dibagi dengan jumlah item pertanyaan. Nilai variabel tersebut digolongkan dalam beberapa kategori yang didasarkan pada skala likert

Data yang diperoleh akan di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Apabila dalam uji validitas memiliki nilai p value atau probabilitas kurang dari 5 % (0,05) maka kuisioner dinyatakan valid dan akan dilanjutkan dengan uji reliabilitas. Dalam uji reliabilitas, sebuah kuisioner dinyatakan reliabel jika memiliki Cronbach Alpha lebih dari 0,6. Pada penelitian ini semua kuisioner valid dan reliabel karena memiliki p value kurang dari 0,05 serta memiliki Cronbach Alpha lebih dari 0,6  Uji Validitas dan Uji Reliabilitas menggunakan software SPSS version 25 (IBM, USA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peternak memiliki motivasi yang cukup tinggi dalam menjalankan usahanya dilihat dari klasifikasi faktor motivasi yang berada dikategori setuju (Baik) akan tetapi masih belum bisa mencapai hasil kinerja yang lebih baik (berada di kategori sedang) dikarenakan ada faktor lain yang juga ikut mempengaruhi.

 

Kata kunci: Motivasi, Peternak, Kinerja Pemeliharaan, Ayam Broiler

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI