DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KALIMANTAN SELATAN NOMOR 1 TAHUN 2008 TENTANG PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi Kasus Kota Banjarbaru)
PENGARANG:KARMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


Karman, D1B115013, 2020. “Implementasi Peraturan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 1 tahun 2008 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Studi Kasus di Banjarbaru)”. Di bimbing oleh Apriansyah selaku pembimbing I dan Gazali Rahman selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Studi Kasus di Banjarbaru).

Penelitian yang dilakukan di Dinas Kehutanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarbaru, dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pihak Dinas Kehutanan dan BPBD Banjarbaru serta masyarakat yang terdampak. Fokus yang ingin diketahui dalam penelitian adalah guna mengetahui bagaimana mengetahui implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Studi Kasus di Banjarbaru).

Hasil dalam penelitian dari 4 variabel terkait implementasi kebijakan yaitu Komunikasi yang dimana peraturan terkait dapat diterima dengan cukup baik oleh masyarakat hanya saja ada beberapa wilayah yang penerapan hukumnya kurang, Sumber Daya dalam pengimplementasian peraturan terkait sudah mencukupi untuk menjalankan kebijakan dan tidak ada kendala karena secara kapasitas sudah memadai, Disposisi yaitu pada variabel ini juga sudah terbilang cukup baik yang dapat dilihat dari konsistennya implementor dalam menjalankan dan mengawasi kebijakan peraturan daerah sehingga dapat berjalan dengan berkesinambungan, dan Birokrasi yaitu berhubungan dengan instansi terkait dimana SOP yang tercantum dalam pelaksanaannya sudah terdapat dengan jelas dan sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan pada penelitian tersebut, saran yang ditujukan kepada Dinas Kehutanan dan BPBD Banjarbaru yaitu untuk selalu bersikap tegas terkait dengan masyarakat yang melakukan pembukaan lahan secara membakar, dan juga bagi masyarakat diharapkan agar mematuhi aturan yang berlaku

 

Kata Kunci : Implementasi, Kebakaran Hutan dan Lahan, Banjarbaru

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI