DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS PELAYANAN DALAM PENERBITAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) SATUAN INTELIJEN KEAMANAN PADA POLRES TAPIN
PENGARANG:R E I N A L D O
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-13


Dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50
Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, yang
berlaku rencana kebutuhan Blanko Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
4000 lembar per tahun untuk Polres Tapin, Satuan Intelkam menerbitkan SKCK
sebagai surat keterangan bahwa seorang warga negara dikatakan bermasalah atau
tidak dengan hukum dan kriminal sesuai dengan alamat KTP/SIM pemohon untuk
keperluan pembuatan visa / keperluan lain yang bersifat antar-negara, bekerja,
pencalonan sebagai pejabat publik, sekolah, pindah alamat dan lain sebagainya.
Melihat banyaknya orang yang mengantre setiap hari membuat para personil yang
bertugas harus selalu siap baik dalam proses penerbitan SKCK maupun blanko yang
akan digunakan untuk penerbitan SKCK. Sehingga kepolisian khususnya Satuan
Intelkam dalam pengurusan SKCK harus berperan aktif sehingga semua orang
memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat
apabila setelah semua syarat yang dibutuhkan dipenuhi maka SKCK akan segera
diproses.
Dengan menggunakan analisis kualitatif dengan mengenai Efektifitas
Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Satuan Intelijen Keamanan
Pada Polres Tapin yaitu pelayanan yang diberikan oleh Unit Intelkam Resor Tapin
sudah efektif dalam memberikan pelayanan hal ini dapat dilihat dari indikator
Kesederhanaan Prosedur Pelayanan, Kejelasan, Kepastian waktu, Akurasi,
Keamanan, Tanggung jawab, Kelengkapan sarana dan prasarana, Kemudahan akses,
Kedisiplinan, Kesopanan & Keramahan dan Kenyamanan pelayanan. Kendatipun
masih ada yang masih perlu diperbaiki untuk lebih meningkatkan efektifitas
pelayanan penerbitan SKCK tersebut seperti menambah sarana dan prasarana yang
mendukung untuk aplikasi pembuatan SKCK On Line agar lebih mempermudah
masyarakat untuk mengakses pelayanan pembuatan SKCK, mengadakan data best
rekam jejak masyarakat dengan melakukan Link dengan Reskrim dan pihak
kelurahan/ desa, menambah beberapa personil dalam Unit Intelkam Resor Tapin
ketika pemohon yang membuat SKCK pada waktu-waktu tertentu seperti adanya
lowongan pekerjaan rekruitmen PNS (ASN) dan membuka unit usaha percetakan,
fotocopy dan alat tulis kantor agar masyarakat yang membuat SKCK tidak perlu pergi
jauh untuk menggandakan dokumenya dan keperluan alat tulis lainnya.


Kata Kunci: Efektifitas, pelayanan, kesederhanaan Prosedur, Kejelasan, Kepastian
waktu, Akurasi, Keamanan, Tanggung jawab, Kelengkapan sarana dan prasarana,
Kemudahan akses, Kedisiplinan, Kesopanan & Keramahan dan Kenyamanan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI