DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KEBUTUHAN AIR BERSIH KAWASAN SEKITAR IBU KOTA NEGARA (IKN) DI KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
PENGARANG:AGRIFFA GERTA AKWILA ESLIE BODOI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


Kabupaten Paser merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanah Grogot. Dengan statusnya sebagai kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar ke lima pada Provinsi Kalimantan Timur dan merupakan kawasan di sekitar ibu kota negara baru.  Tentunya  dengan bertambahnya penduduk di kawasan sekitar ibu kota baru permintaan air bersih di Kabupaten Paser sangatlah tinggi. Dalam hal ini pihak PDAM Kabupaten Paser sebaiknya mengetahui permintaan air bersih di masa yang akan datang sehingga jumlah air bersih yang akan didistribusikan bisa diprediksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui  presentase  pertumbuhan  penduduk  dari  data  jumlah  penduduk Kabupaten Paser selama5 tahun, memproyeksikan pertumbuhanjumlahpendudukselama5,10,15, dan 20 tahun, menghitungkebutuhanairbersihdiKabupatenPasersaatini hingga20 tahun kedepan, membandingkan kapasitas intake PDAM Kabupaten Paser terhadap jumlah kebutuhan air bersih hingga 20 tahun kedepan, menghitung kebutuhan air bersih akibat ibu kota negara baru.

Perhitungan proyeksi penduduk Kabupaten Paser dari tahun 2020 sampai tahun 2039 dengan memperhatikan jumlah penduduk tahun dari tahun 2015 sampai tahun 2019 menggunakan metode arimatik, geometrik, regresi linier, eksponensial, dan logaritmik. Dimana dengan nilai korelasi mendekati satu atau nilainya satu dan standar deviasi paling kecil maka metode itu yang digunakan untuk memproyeksikan penduduk. Kebutuhan air di hitung dengan faktor kebutuhan air rata-rata, faktor hari maksimum, dan faktor jam puncak. Metode yang digunakan untuk proyeksi penduduk yaitu metode regresi linier karena memiliki nilai korelasi satu dan standar deviasi paling kecil dari metode lainnya.

 Jumlah penduduk pada 2020 yaitu 291.797 jiwa dengan kebutuhan total air bersih yaitu 456,75 L/dt. Untuk kapasitas  intake PDAM Kabupaten Paser yang sekarang  sebesar 342,5 L/dt masih belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih jam puncak. Hasil proyeksi kebutuhan air bersih total jika menjadi kawasan sekitar ibu kota Negara baru sebesar  6.002,50 L/det.

Kata Kunci : proyeksi penduduk, PDAM Kabupaten Paser, kebutuhan air bersih  Kabupaten Paser, dan kapasitas intake

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI