DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPACARA MANYANGGAR PADANG SEBAGAI UNGKAPAN RASA SYUKUR MASYARAKAT DESA BANGKAU KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PADA AKHIR ABAD KE 20 SAMPAI ABAD KE 21
PENGARANG:AKHMAD NURDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


ABSTRAK

Upacara Manyanggar Padang Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Pada Masyarakat Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Pada Akhir Abad Ke-20 Sampai Abad Ke-21 (Oleh : Akhmad Nurdin; Pembimbing I : Drs. Hairiyadi, M.Hum, dan Pembimbing II : Drs. Rusdi Effendi M.Pd)

 

Upacara Manyanggar Padang yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dulunya merupakan salah satu upacara tradisional yang ada di Kalimantan Selatan. Namun seiring dengan perkembangan zaman upacara ini mulai mengalami kemunduran di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Latar belakang skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Upacara Manyanggar Padang Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Pada Masyarakat Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Masalah yang ingin dibahas dalam skripsi ini adalah terkait upacara manyanggar padang sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Bangkau.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui asal usul Upacara Manyanggar Padang, bagaimana struktur Upacara Manyanggar Padang, dan bagaimana fungsi dari Upacara Manyanggar Padang sebagai ungkapan rasa syukur pada masyarakat Desa Bangkau.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Tahap pertama dalam penelitian ini yaitu pengumpulan sumber yang dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan data-data tertulis berupa buku-buku atau memperoleh data primer secara  langsung. Selanjutnya setelah data terkumpul dilakukan kritik sumber untuk melihat keaslian sumber. Tahap selanjutnya interpretasi yaitu menganalisis data-data yang telah dikritik. Terakhir yaitu tahap historiografi yaitu menyajikan data kedalam bentuk tulisan.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa masyarakat Bangkau yang ada di Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan Upacara Manyanggar Padang Sebagai Ungkapan Rasa Syukur terhadap hasil alam yang mereka peroleh

 

Kata Kunci : Upacara, Manyanggar, Padang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI