DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN WORD SQUARE DILENGKAPI DENGAN AUDITORY INTELLECTUALY REPITITION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MUATAN PPKN SEKOLAH DASAR
PENGARANG:SANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


ABSTRAK

Santi, 2020. Analisis Komparatif Penerapan Model Group Investigation 

dan Word Square Dilengkapi Dengan Model Auditorry 

Intellectually Repitition dan Numbered Heads Together Pada 

Muatan PPKn di Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan 

Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 

Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. 

Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci : Analisisis Komparatif, Group Investigation, Word Square, 

Auditorry Intellectually Repitition , Numbered Heads Together. 

Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian 

oleh Herna Rahmi dan Dina Haudah . Yang mana hasil penelitian dari kedua 

skripsi ini berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil 

belajar dengan menerapkan kombinasi model Group Investigation dan Word 

Square yang dilengkapi dengan model Auditory Intellectualy Repitition dan 

Numbered Heads Together.

Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan aktivitas guru, 

aktivitas siswa dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Group 

Investigation dan Word Square yang dilengkapi dengan model Auditorry 

Intelectually Repitition dan Numbered Heads Together pada dua buah hasil 

PTK yaitu oleh Herna Rahmi (2020) dan Dina Haudah (2019).

Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Komparatif dengan 

jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan 

multi situs, sehingga dalam menganalisis data dilakukan dengan dua tahap 

yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis 

komparatif data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, 

reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Melalui penelitian ini diperoleh hasil skor dari aktivitas guru, aktivitas 

siswa dan hasil belajar. Pada skripsi Herna Rahmi aktivitas guru 

mendapatkan jumlah skor akhir maksimal yaitu 72 dengan kriteria sangat 

baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 83,3% dengan kriteria 

sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa 

mendapatkan pernsentase klasikal 95,83% dengan kriteria sangat baik. Pada 

skripsi Dina Haudah aktivitas guru mendapatkan skor 89 dengan kriteria 

sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 88% dengan 

kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa 

mendapatkan persentase klasikal 83,3% dengan kriteria sangat baik.

Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan 

bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas 

siswa skripsi 2 lebih baik dibandingkan skripsi 1. Hasil belajar ranah kognitif, 

afektif dan psikomotorik skripsi 1 lebih baik dibanding skripsi 2.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI