DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN WORD SQUARE DILENGKAPI DENGAN AUDITORY INTELLECTUALY REPITITION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MUATAN PPKN SEKOLAH DASAR | |
PENGARANG | : | SANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-02-08 |
ABSTRAK
Santi, 2020. Analisis Komparatif Penerapan Model Group Investigation
dan Word Square Dilengkapi Dengan Model Auditorry
Intellectually Repitition dan Numbered Heads Together Pada
Muatan PPKn di Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H.
Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.
Kata Kunci : Analisisis Komparatif, Group Investigation, Word Square,
Auditorry Intellectually Repitition , Numbered Heads Together.
Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian
oleh Herna Rahmi dan Dina Haudah . Yang mana hasil penelitian dari kedua
skripsi ini berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar dengan menerapkan kombinasi model Group Investigation dan Word
Square yang dilengkapi dengan model Auditory Intellectualy Repitition dan
Numbered Heads Together.
Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan aktivitas guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Group
Investigation dan Word Square yang dilengkapi dengan model Auditorry
Intelectually Repitition dan Numbered Heads Together pada dua buah hasil
PTK yaitu oleh Herna Rahmi (2020) dan Dina Haudah (2019).
Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Komparatif dengan
jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan
multi situs, sehingga dalam menganalisis data dilakukan dengan dua tahap
yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis
komparatif data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Melalui penelitian ini diperoleh hasil skor dari aktivitas guru, aktivitas
siswa dan hasil belajar. Pada skripsi Herna Rahmi aktivitas guru
mendapatkan jumlah skor akhir maksimal yaitu 72 dengan kriteria sangat
baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 83,3% dengan kriteria
sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa
mendapatkan pernsentase klasikal 95,83% dengan kriteria sangat baik. Pada
skripsi Dina Haudah aktivitas guru mendapatkan skor 89 dengan kriteria
sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 88% dengan
kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa
mendapatkan persentase klasikal 83,3% dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan
bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas
siswa skripsi 2 lebih baik dibandingkan skripsi 1. Hasil belajar ranah kognitif,
afektif dan psikomotorik skripsi 1 lebih baik dibanding skripsi 2.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI