DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TRANSPORTASI OJEK SEPEDA MOTOR DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 1998-2017
PENGARANG:Zainal Abdi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-08


Zainal Abdi. Transportasi Ojek Sepeda Motor di Kota Banjarmasin, Tahun 1998 2017 (Pembimbing I Drs. M. Zaenal Arifin Anis, M.Hum., Pembimbing II Heri Susanto, S.Pd., M.Pd, 2019)

 

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena perkembangan ojek pangkalan menjadi transportasi berbasis informasi dan teknologi dengan lokasi di Kota Banjarmasin, sejak awal era reformasi tahun 1998 sampai tahun 2017.

Tujuan penulisan untuk menjelaskan latar belakang transportasi ojek sepeda motor di Kota Banjarmasin sejak tahun 1998-2017. Kemudian menguraikanp erkembangan transportasi ojek sepeda motor dari ojek konvensional/pangkalanke ojek online di wilayah Kota Banjarmasin sejak tahun 1998-2017.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Mengumpulkan sumber-sumber lisan, sumber sumber tertulis maupun sumber benda peninggalan masa lampau dengan tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Metode wawancara penulis aplikasikan untuk mengumpulkan sumber lisan dari para pelaku sejarah yang menjadi informan. Sumber tertulis, dikumpulkan melalui metode kepustakaan, berupa buku, majalah, artikel yang relevan objek diteliti.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang transportasi ojek sepeda motor di wilayah Kota Banjarmasin tahun 1998 sampai tahun 2017 yakni angkutan umum yang terbatas, pelayanan angkutan umum yang buruk, serta angkutan umum tidak dapat menjangkau tempat-tempat tertentu sesuai keinginan calon penumpang. Peranan ojek bagi warga Banjarmasin sangat dibutuhkan, bagi sebagian masyarakat tukang ojck adalah mitra dan langganan baik sebagai alat angkut untuk bepergian maupun berusaha. Terjadi perkembangan tra ojek sepeda transportasi motor di wilayah dari ojek pangkalan ke ojek online di Kota Banjarmasin sejak tahun 1998-2017. Kurangnya ketersediaan fasilitas transportasi yang memadai dan harga yang cukup mahal, ojek menjadi salah transportasi a alternatif satu transportasi konsumen yang terbilang murah dan banyak digunakan masyarakat menengah ke bawah. Ojek berkembang pesat di tengah keterbatasan lapangan pekerjaan sektor formal pada krisis moneter tahun 1998. Sejak kehadiran ojek online sejak akhir tahun 2016, menimbulkan dampak perubahan besar bagi kehidupan ekonomi para ojek konvensional/pangkalan sehingga mereka akhirnya berani mengambil risiko melawan hadimya ojek online demi mempertahankn aktivitas nafkahnya tersebut.

Kesimpulan penelitian, terdapat latar belakang transportasi ojek sepeda motor di Kota Banjarmasin sejak tahun 1998-2017. Kemudian terjadi perkembangan transportasi ojek sepeda motor dari ojek konvensional/pangkalan ke ojek online di wilayah Kota Banjarmasin sejak tahun 1998 hingga tahun 2017

 

Kata kunci: ojek, pangkalan, online, banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI