DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT DAN BIOAKTIVATOR DALAM PROSES PENGOMPOSAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA PT. LADANGRUMPUN SUBURABADI DI KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:TJAHJO MOELJO WIDJAJANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-09


ABSRAK

 

Tjahjo Moeljo Widjajanto. 2020. Pengaruh Penambahan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit dan Bioaktivator dalam Proses Pengomposan Tandan Kosong Kelapa Sawit pada PT. Ladangrumpun Suburabadi di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Idiannor Mahyudin, M. Si; Ahmadi, S. Pi, M. Sc, Ph. D; dan Dr. Ir. Fakhrur Razie, M.Si. 

 

Kata kunci :  Proses pengomposan TKKS 

 

Tujuan Penelitian menganalisis perubahan nilai C/N, kandungan C, dan hara N, P dan K pada pengomposan TKKS menggunakan LCPKS dan bioaktivator.  Menganalisis pola penurunan/peningkatan nila C/N, kandungan C dan, hara N, P dan K selama proses pengomposan TKKS  menggunakan LCPKS dan bioaktivator. 

  Penelitian ini dilaksanakan di lokasi perkebunan PT. Ladang Rumpun Suburabadi  di Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) bulan, terdiri dari tahap persiapan hingga tahap pelaksanaan penelitian. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal, dengan jumlah ulangan 4, perlakuan yang di coba  yaitu : P0 (TKKS 75 kg (kontrol)), P1 (TKKS 75 kg ditambah LCPKS), P2 (TKKS 75 kg ditambah Bioaktivator dosis 100 cc),  P3 (TKKS 75 kg ditambah  LCPKS dan  Bioaktivator dosis 100 cc).

           Pemberian LCPKS dan EM4 sebagai bioaktivator dalam pengomposan secara signifikan berpengaruh terhadap kandungan hara P total bahan kompos TKKS dan kandungan hara N total tanah sekitar minipit.  Kandungan hara P-total bahan kompos TKKS dan hara N-total pada tanah dari pemberian LCPKS+EM4.             Kandungan C dan nilai C/N bahan kompos TKKS semakin menurun dengan lamanya waktu inkubasi (hingga 10 bulan).  Pola penurunan kandungan C dan C/N cenderung berhubungan dengan peningkatan populasi bakteri selulolitik pada sistem minipit.  Hara N  dan K total  bahan kompos TKKS semakin meningkat dan pola peningkatan hara N dan K total cenderung meningkat dengan peningkatan populasi bakteri selulolitk pada sistem minipit.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI