DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PAHLAWANKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RINA PAHRIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-09


 

Pahrida, Rina. 2020.Meningkatkan Hasil Belajar pada  Tema Pahlawanku Muatan IPS menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Students Facilitator and Explaining (SFAE) dan Make A Match di Kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

 Kata Kunci: Group Investigation (GI), Students Facilitator and Explaining (SFAE), Make A Match

 

 Pembelajaran kurikulum 2013 kelas IV tema pahlawanku di SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu >70.Hal ini disebabkan aktivitas siswa kurang, siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, pembelajaran berusat pada guru (teacher centered), model atau metode masih kurang bervariatif.Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Students Facilitator and Explaining (SFAE), dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin dengan menggunakan kombiasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Students Facilitator and Explaining (SFAE) dan Make A Match.

 

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasinyang berjumlah 24 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dengan kategori baik, pada pertemuan 4 meningkat dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dengan kategori cukup aktif, pada pertemuan 4 meningkat dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswasecara klasikal dan indiidual pada pertemuan 1 belum mencapai kriteria ketuntasan pada pertemuan 4 sudah mencapai kriteria ketuntasan.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Students Facilitator and Explaining (SFAE) dan Make A Match. Sehingga kombinasi model Group Investigation (GI), Students Facilitator and Explaining (SFAE) dan Make A Matc dapat disarankan bagi guru sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran, bagi kepala sekolah sebagai bahan masukan serta arahan dalam membina guru dan bagi peneliti lain agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebaik-baiknya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI