DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMITMEN, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DEPARTEMEN PERIKLANAN HARIAN BANJARMASIN POST GROUP
PENGARANG:KLARA AYU FAJAR DAHNIAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-09


Klara Ayu Fajar Dahniar, 1610412120011, 2020, Pengaruh Komitmen, Komunikasi Interpersonal, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Departemen Periklanan Harian Banjarmasin Post Group. Dibawah bimbingan Bapak Setio Utomo dan Bapak Irwansyah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial dan simultan antara Komitmen (X1), Komunikasi Interpersonal (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 75 orang dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner dan teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan mengggunakan SPSS 25.0

Hasil pengujian diketahui bahwa variabel komitmen (X1) berdasarkan pengujian secara parsial (uji t) diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau 5,815 > 1,99394  (t hitung > t tabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komitmen (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada divisi periklanan Banjarmasin Post Group, untuk variabel komunikasi Interpersonal (X2) sebagai variabel independen dan loyalitas pelanggan (Y) sebagai variabel dependen, berdasarkan pengujian secara parsial (uji t) diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,533 > 0,05 atau 0,627 < 1,99394  (t hitung < t tabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada divisi periklanan Banjarmasin Post Group dengan sumbangan SE sebesar 6,91%  dan total Rsquare sebesar 77,6% dan variabel kualitas pelayanan (X3) sebagai variabel independen dan loyalitas pelanggan (Y) sebagai variabel dependen, berdasarkan pengujian secara parsial (uji t) diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 atau 2,775 > 1,99394  (t hitung > t tabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada divisi periklanan Banjarmasin Post Group. Sedangkan pengujian secara simultan antara komitmen (X1), komunikasi interpersonal (X2) dan kualitas pelayanan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) menghasilkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05 atau 81.956 > 2,73  (F hitung > F tabel). Sehingga hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif signifikan secara simultan. 

 

Kata Kunci: Komitmen, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI