DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROSES INSTITUSIONALISASI PARTAI NASDEM DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HEVITA RAHMATINA SAMARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-09


ABSTRAK

 

Hevita Rahmatina samara, D1B114236, 2019, Proses Institusionalisasi Partai Nasdem di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Drs.H.Apriansyah, M.Si  dan Pathurrahman, S.Sos, MA..

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan proses institusionalisasi partai Nasdem di kota Banjarmasin di dalamnya terdapat bagaimana proses berjalannya partai dan hubungan anggota dengan masyarakat.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data mengunakan metode wawancara , dokumentasi, dan observasi.informan penelitian adalah ketua, dan anggota berseta masyarakat.Teknik analisis data kualitatif dari bogdan dan taylor.

Hasil penelitian menunjukan bahwa proses institusionalisasi partai nasdem di kota Banjarmasin masih kurang. Kurangnya interaksi kepada masyarakat dan berbagai program kerja yang menurut peneliti masih kurang kepada masyarakat dimana partai nasdem sendiri masih melakukan program kerjanya di tahap yang belum bisa di katakan maksimal.secara kesisteman dpd partai nasdem dalam pelaksanaan AD/ART sudah terlaksana, dilihat dengan pengambilan keputusan sudah sesuai dengan mekanisme dan prosedur yaitu dilakukan dengan musyawarah.partai nasdem juga sudah mencitrakan dirinya pada masyarakat dengan mengeluarkan visi dan misi yaitu partai tanpa mahar

Disarakan kepada pihak partai nasdem agar lebih giat lagi menjalankan prosedur dan mekanisme dalam partai. Peliharaan hubungan dengan anggota maupun masyarakat mungkin bisa lebih di dekatkan lagi dan lebih diperhatikan.hubungan antara partai dan masyarakat harus lebih terlihat sebagai hubungan yang saling membutuhkan.dan baiknya pengenalan anggota dilakukan secara terus menerus

 

Kata kunci: Institusionalisasi , Partai politik, Prosedur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI