DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:IKRAMINA YUSTI AMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin; dan (2) mendeskripsikan perbedaan Keterampilan Generik Sains pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan quasi experimentaldengan desain nonequevalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengujian model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar menggunakan uji independent t-test dari pre-posttest, dan model pembelajaran flipped classroom terhadap KGS menggunakan uji mann-whitney u test dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).  Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dari nilai hasil uji beda (t) dan probabilitas (sig. > 0,05); (2) terdapat perbedaan pada 5 (lima) indikator KGS (sig. > 0,05), dan tidak terdapat perbedaan pada 2 (dua) indikator KGS (sig. < 0,05). Model pembelajaran  flipped classroom perlu memperhatikan jumlah sampel dan waktu yang tepat, dan dalam praktikum menggunakan aplikasi virtual lab yang lebih canggih, sehingga akan berpengaruh dalam pembelajaran daring dan indikator KGS.

Kata kunci: model pembelajaran flipped classroom, sistem pencernaan, hasil belajar dan Keterampilan Generik Sains (KGS).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI