DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penambahan Fitobiotik Jamu Herbal Dalam Ransum Terhadap Kecernaan Serat Kasar Dan Protein Kasar Itil Alabio (Anas Platyrhynchos, Borneo)
PENGARANG:BUDI PRASETIO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penambahan Fitobiotik Jamu Herbal Dalam Ransum Terhadap Kecernaan Serat Kasar dan Perotein Kasar Itik Alabio. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari September sampai November yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan penelitian, pengambilan data, analisis data dan pembuatan laporan. Penelitian ini dilaksanakan di kandang milik bapak Danang Biyatmioko jalan trikora Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap, dimana sebelumnya dilakukan uji homogenitas data, dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan, dimana setiap ulangan terdiri dari 3 ekor itik alabio jantan dengan total jumlah DOD yang digunakan adalah 60 ekor itik alabio jantan yang terdiri dari 57 ekor itik untuk perlakuan dan 3 ekor untuk kontrol.

Perlakuan penelitian meliputi: P0 (tanpa fitobiotik jamu herbal/kontrol), P1 (dosis fitobiotik jamu herbal 1% dalam ransum), P2 (dosis fitobiotik jamu herbal 2% dalam ransum), P3 (dosis fitobiotik jamu herbal 3% dalam ransum), P4 (dosis fitobiotik jamu herbal 4% dalam ransum). Hasil dari penelitian dari dosis penambahan fitobiotik jamu ternak berpengaruh nyata terhadap kecernaan perotein kasar dan tidak berpengaruh nyata terhadap kecernaan serat kasar.

 

Kata kunci: Fitobiotik, Jamu Herbal, Kecernaan Serat Kasar Dan Protein Kasar ,Itik Alabio (Anas Platyrhynchos, Borneo

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI