DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
PENGARANG:GUSTI SALMA ASSYIFA BALELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang dalam memfasilitasi KBK peserta didik. Dengan LKPD yang berkualitas diharapkan pembelajaran mampu mencapai tujuan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan hasil pengembangan LKPD konsep Sistem Peredaran Darah biologi SMA berbasis keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer (1993) yang meliputi tahapan uji pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Dalam pengembangan LKPD ini, keterampilan berpikir kritis beracuan pada model Facione.Subjek validasi meliputi dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas XI SMA. Subjek uji kelompok kecil adalah enam orang peserta didik kelas XI SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) validitas hasil pengembangan LKPD,memiliki kategori valid dengan skor 3,70; 2) kepraktisan isi hasil pengembangan LKPD, memiliki kategori baik dengan skor 3,71 dan kepraktisan harapan hasil pengembangan LKPD, memiliki kategori sangat baik dengan skor 94,45%; 3) keefektifan harapan hasil pengembangan LKPD, memiliki kategori sangat baik dengan rentang skor 87,50% - 100%, yang meliputi 91,64% pada interpretasi, 89,60% pada analisis, 87,50% pada evaluasi, 90,63% pada inferensi, 92,60% pada eksplanasi, dan 100% pada pengaturan diri.

 

Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Sistem Peredaran Darah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI