DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN ANGKUTAN PELAJAR DISABILITAS DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:FITRIA AYU LORENZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

FITRIA AYU LORENZA, 1610413320015, 2020. “Efektivitas Pelayanan Angkutan Pelajar Disabilitas di Kota Banjarmasin” bimbingan Bapak Drs.Abdurrahman,M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami efektivitas pelayanan pemerintah terhadap kebijakan angkutan pelajar disabilitas di Kota Banjarmasin dengan menggunakan teori Duncan yaitu ukuran efektivitas yang terdiri dari pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi.

Penelitian ini menggunakan metode yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan kuncinya yakni terdiri atas kepala seksi (kasi) Angkutan orang dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, sopir/pengemudi angkutan, pelajar yang menggunakan angkutan, orang tua pelajar yang menggunakan angkutan, dan organisasi disabilitas di Kota Banjarmasin. 

Hasil penelitian yang didapatkan di lapangan menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan angkutan pelajar disabilitas di Kota Banjarmasin belum terlaksana dengan optimal dikarenakan terdapat 1 dari 3 indikator belum berjalan secara efektif menurut teori Duncan (ukuran efektivitas). Indikator pencapaian tujuan dan integrasi sudah dapat dikatakan optimal karena sudah dilakukan secara optimal. Indikator adaptasi secara keseluruhan proses pengisian tenaga kerja, peningkatan kemampuan dapat dikatakan kurang optimal dikarenakan kurangnya tenaga kerja. Sarana dan prasarana juga dapat dikatakan belum optimal. Meskipun tidak memiliki fasilitas yang banyak, namun pengguna angkutan merasa sudah cukup.

Disarankan perlu adanya penambahan jumlah staf sebagai sopir atau pengemudi angkutan pelajar, armada angkutan pelajar, dan jalur trayek untuk diwilayah sekolah yang belum dilalui jalur atau trayek dari angkutan pelajar disabilitas.

 

Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan dan Angkutan Pelajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI