DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subeyktif, persepsi kontrol perilaku, dan etika terhadap mahasiswa melakukan tindakan whistleblowing
PENGARANG:NOVIKA ALFIRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


Novika Alfiriana (2021). “Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku dan Etika Terhadap Niat Mahasiswa melakukan Tindakan Whistleblowing”. Pembimbing: Wahyudin Nor.

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh sikap terhadap perilaku, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku dan Etika Terhadap Niat Mahasiswa melakukan Tindakan Whistleblowing. Peneliti ini menggunakan pengaruh sikap terhadap perilaku, Norma Subyektif, Persespsi Kontrol Perilaku dan Etika sebagai variabel independen dan Niat sebagai variabel dependen.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi yang telah mengambil mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi  angkatan 2013-2018. Pada penelitian ini terdapat sebanyak 88 sampel yang digunakan pada angkatan 2013-2018 dengan menggunakan teknik pengisian kuesioner. Teknik analsis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku tidak berpengaruh terhadap niat mahasiswa melakukan tindakan Whistleblowing. Sedangkan Etika berpengaruh terhadap niat dalam melakukan tindakan Whistleblowing. Koefisien determinasi sebesar 0,083 yang berarti 8,3% niat mahasiswa melakukan tindakan Whistleblowing dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Hal ini tidak menunjukkan masih ada variabel – variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini yang diduga berpengaruh terhadap niat mahasiswa melakukan tindakan whistleblowing.

 

Kata Kunci : Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol

  Perilaku, Etika, Niat Mahasiwa Melakukan Tindakan

  Whistleblowing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI