DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN TRIWULAN PENAMBANGAN BATUBARA DI PT ARUTMIN INDONESIA TAMBANG SATUI, KABUPATEN TANAH BUMBU, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MAULANA ADHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

            PT Arutmin Indonesia Tambang Satui pada tahun 1981 sudah menandatangani kontrak penambangan batubara yang disebut Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) beroperasi diwilayah satui selaku owner  menjadi salah satu penghasil sekaligus pengekspor batubara terbesar dan terlama di Indonesia yang pernah meraih penghargaaan peringkat 3 pertambangan dan energi dalam Indonesia CSR Award 2008. Kegiatan operasi penambangannya PT Arutmin Indonesia Tambang Satui sangat memerlukan perencanaan penambangan untuk mengarahkan dan berkoordinasi dengan kontraktor dalam pengerjaan yang diharapkan bisa efektif agar target produksi tercapai.

Perencanaan yang dilakukan penelitian ini adalah perencanaan triwulan atau pertiga bulan penambangan dengan acuan kemampuan alat gali muat yang dihitung menggunakan data-data dan alat yang adaataupun didapat dilapangan sebagai target pembongkaran overburden dan produksi batubara untuk membuat desain tahapan penambangan dan disposal menggunakan bantuan perangkat lunak komputer. Kebutuhan alat angkut tiap triwulan juga direncanakan dan dihitung untuk keperluan memindahkan material overburden dan batubara yang dibongkar menuju disposal dan ROM  menggunakan rumus yang berkaitan dengan tinjauan pustaka.

Perencanaan triwulan penambangan batubara pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat ada 4 tahapan dengan umur tambang 1 tahun. Volume rencana desain overburden sebesar 7,334,739 BCM dengan target pembongkaran overburden kemampuan alat gali muat sebesar 7,889,488 BCM dan tonase batubara dari rencana desain sebesar 1,458,545 Ton dengan target produksi batubara kemampuan alat gali muat sebesar 2,466,430 Ton. Kebutuhan alat angkut tiap triwulan untuk fleet overburden rata rata 4 sampai 5 unit, sedangkan untuk fleet batubara dibutuhkan 3 sampai 4 unit.

Kata Kunci : Perencanaan, Triwulan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI