DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Bus Rapid Transit Banjar Bakula
PENGARANG:M NIZAR NAUFAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

M. Nizar Naufal, 1610411310011, 2020. Kualitas Pelayanan Bus Rapid Transit Banjar Bakula. Di Bawah Bimbingan Bapak Tomi Oktavianor.

 

Angkutan umum adalah angkutan penumpang yang dilakukan dengan sistem sewa atau bayar dan tujuan diselenggarakannya angkutan umum adalah memberikan pelayanan angkutan yang baik dan layak bagi masyarakat. Namun di kemunculan Bus Rapid Transit banyak sekali permasalahan seperti kurangnya armada bus sehingga berdesak-desakkan, tidak adanya loket pembayaran yang efektif, halte yang kurang dan yang belum ada tempat duduk.

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan pada Bus Rapid Transit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan indikator-indikator kualitas pelayanan publik: Tangibles, Emphaty, Assurance, Reliability, Responsiveness.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Bus Rapit Transit terhadap masyarakat masih kurang memuaskan dalam sarana dan prasarana. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya armada Bus Rapid Transit agar penumpang lebih leluasa untuk duduk santai di dalam Bus dan tidak berdesak-desakan dan membuat masyarakat lebih terasa nyaman.

            Saran dari peneliti kepada Dinas Perhubungan Provinsi dalam meningkatkan kualitas layanan masyarakat terkait bidang angkutan umum yaitu dengan menambahkan armada bus agar lebih leluasa, dan membuat jalur khusus untuk Bus Rapid Transit agar terhindar dari kemacetan, Dan mengembangkan aplikasi khusus untuk Bus Rapid Transit.

Kata kunci: Angkutan Umum, Bus Rapid Transit, Kualitas Layanan, Dinas Perhubungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI