DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRAN ASAL LOMBOK DAN JAWA DI DESA KARANG INDAH KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:VIRA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

Vira Pratiwi 2020. Interaksi Sosial Masyarakat Transmigrasi Asal Lombok Dan Jawa Di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten baroto Kuala Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, (II) Syahlan Mattiro.

 

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Nilai Sosial, Kerja Sama, Transmigrasi.

 

Hadirnya para transmigran sebagai para pendatang di tengah-tengah kehidupan masyarakat pribumi akan membangun sebuah proses sosial. Dalam interaksi di Desa Karang Indah terdapat berbagai kerjasama yang menyebabkan hubungan antar daerah menjadi erat. Selain itu kerja sama antara masyarakat ini dapat terjalin dengan timbal balik dan saling menguntungkan. Kemudian masyarakat inipun saling berinteraksi melalui musyawarah Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk kerja sama masyarakat transmigran (2) Nilai-nilai sosial yang dihasilkan dari kerja sama antar masyarakat. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan purposive sampling, dan informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. 

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk kerja sama yang terjalin di Desa Karang Indah terbagi mejadi dua yaitu (a) kerja sama ekonomi yakni pada proses pertanian, dimana ada pihak pemilik lahan dan buruh tani, kemudian sistem bagi hasil, dan sistem timbal balik antar masyarakat. (b) kerja sama sosial yakni salah satunya yaitu gotong royong seperti kerja bakti dalam membangun fasilitas umum (2) nilai-nilai sosial yang dihasilkan dari kerja sama antara masyarakat Lombok dan Jawa di Desa Karang Indah yakni kasih sayang (yang terdiri atas tolong-menolong, kekeluargaan,dan kepedulian), tanggung jawab (yang terdiri atas rasa memiliki, disiplin, dan empati), kemudian nilai keserasian hidup (yang terdiri atas keadilan, toleransi,kerja sama, dan demokrasi).

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi masyarakat transmigrasi antar masyarakat berbeda asal wilayah yang tinggal dalam satu wilayah untuk tetap saling menjaga silahtuhrahmi dan menerapkan nilai-nilai sosial berdasarkan interaksi dan kerja sama. Kemudian bagi pemerintah terutama dinas transmigrasi sendiri disarankan untuk lebih meningkatkan pengelolaan desa transmigrasi pada khususnya di Desa Karang Indah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI