DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH UKURAN DEWAN DIREKSI, KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2018)
PENGARANG:SHALLY AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAKSI

 

SHALLY AMALIA, 1610313220057, PENGARUH UKURAN DEWAN DIREKSI, KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2018)

(Di bawah bimbingan Bapak Dr. Sarwani, Drs, M.Si, Ak, CA)

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh penerapan Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan di masa kini. Kinerja keuangan perusahaan dihitung dengan menggunakan Return on Assets Ratio (ROA). Variabel dari Good Corporate Governance yang digunakan pada penelitian ini antara lain dewan direksi, komisaris independen, komite audit, dan leverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini terdapat sebanyak 44 bank, sampel yang digunakan terdiri dari 24 bank yang telah diambil menggunakan metode purposive sampling. Seluruh data penelitian dikumpulkan dengan metode dokumentasi dengan menggunakan data dari laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan di Indonesia tahun 2016-2018. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel-variabel Good Corporate Governance hanya Komisaris Independen yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Dewan Direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Komite Audit dan Leverage yang menggunakan Debt to Assets Ratio (DAR) memiliki hasil negatif tetapi berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan..

 

Kata Kunci:Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Leverage, Kinerja Keuangan Perusahaan, dan Good Corporate Governance

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI