DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN KEANEKARAGAMAN SPESIES FAMILI HYDROCHARITACEAE DI RAWA BERVEGETASI GALAM KECAMATAN BATI-BATI SEBAGAI BUKU SAKU BERBASIS 3D PAGEFLIP
PENGARANG:RABIATUL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-10


ABSTRAK

 

 

Rabiatul. 2021. Kajian Keanekaragaman Spesies Famili Hydrocharitaceae di Rawa bervegetasi Galam Kecamatan Bati-Bati Sebagai Buku Saku Berbasis 3D Pageflip. Pembimbing: (I) Dr. Dharmono, M.Si dan (II) Maulana Khalid Riefani, S.Si., M.Sc., M.Pd.

 

 

Keanekaragaman tumbuhan terbagi atas Alga, Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta yang hidup pada habitat perairan maupun daratan. Salah satu famili anggota tumbuhan Spermatophyta yang berhabitat di air adalah famili Hydrocharitaceae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman spesies dari famili Hydrocharitaceae di kawasan rawa vegetasi galam Kecamatan Bati-bati Kabupaten Tanah Laut, validitas dan kepraktisan buku saku berbasis 3D Pageflip yang dikembangkan sebagai materi penunjang Botani Tumbuhan Tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan diskriptif pada penelitian keanekaragaman spesies dari famili Hydrocharitaceae di kawasan rawa vegetasi galam dengan teknik pengambilan data secara jelajah dan dikembangkan menjadi buku saku berbasis 3D Pageflip yang diuji validitas dan kepraktisannya menggunakan Evaluasi Formatif Tessmer. Data keanekaragaman spesies, validitas dan kepraktisan dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rawa bervegetasi galam Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut ditemukan 6 spesies anggota famili Hydrocharitaceae, yaitu; Blyxa echinosperma (CB. Clarke) Hook.f., Hydrilla verticillata (L. f.) Royle., Hydrocharis morsus-ranae L., Limnobium laevigatum (Humb. & Bonpl. ex Willd.) Heine., Ottelia ovalifolia (R.Br.) Rich., dan Ottelia alismoides (L.) Persoon. Buku saku famili Hydrocharitaceae berbasis 3D Pageflip yang dikembangkan adalah sangat valid dan sangat praktis untuk dilanjutkan pada penelitian selanjutnya.

 

Kata Kunci:  Keanekaragaman,Hydrocharitaceae, Rawa bervegetasi Galam, Buku Saku Berbasis 3D Pageflip.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI