DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON PERTUMBUHAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L) TERHADAP TINGGI KOLOM PASIR SEBAGAI SUMBU DAN MEDIA TANAM SECARA HIDROPONIK
PENGARANG:AHMAD AULIA RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-11


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon kolom pasir sebagai media dan pengganti sumbu pada pertumbuhan Bawang Merah (Allium ascalonicum L) secara hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kaca Agroekoteknologi dari bulan April 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Metode penelitian eksperimen yang digunakan adalah Rancangan Acak  Lengkap (RAL) satu faktor dengan empat perlakuan dan empat ulangan.Sehingga terdapat 16 satuan percobaan. Adapun empat perlakuan yang digunakan yaitu : P1= 20 cm, P2= 25 cm, P3= 30 cm, P4= 35 cm. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumah daun, tanaman bawang merah.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perlakuan tinggi kolom pasir sebagai sumbu dan media secara hidroponik tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati yaitu jumlah daun dan tinggi tanaman. Pada penelitian ini jumlah daun terbanyak terdapat pada perlakuan p4 (3,84 cm) sedangkan untuk tinggi tanaman pada perrlakuan p3.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI