DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI
PENGARANG:SINTA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-11


ABSTRAK

 

Kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik merupakan salah satu permasalahan dalam pendidikan. Salah satu perangkat pembelajaran yang perlu diperbaiki agar meningkatkan keterampilan berpikir kritis ialah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKPD pada konsep Sistem Koordinasi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Metode ini menggunakan jenis penelitian yaitu EDR (Educational Design Research) dengan mengacu pada evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari dua tahapan yaitu 1). Evaluasi diri (self evaluation) dan 2). Pendapat ahli (expert review). Keterampilan Berpikir Kritis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada  Facione. Subjek validasi adalah 2 orang ahli yaitu dosen . Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori valid dengan rata-rata keseluruhan 3,41.

 

Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik SMA, Sistem Koordinasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI