DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Simpang Tiga Bersinyal pada Jl. A. Yani Km. 33 - Jl. RO Ulin Loktabat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan
PENGARANG:FARAH KHALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-11


 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan kinerja simpang Jl. A. Yani Km. 33 – Jl. RO Ulin Loktabat Banjarbaru dan untuk mendapatkan alternative perbaikan tingkat pelayanan persimpangan tersebut.

 

Evaluasi dan perencanaan pada penelitian ini, dikerjakan berdasarkan Metode Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI, 1997 ) dan juga dibantu oleh perangkat lunak KAJI. Pengambilan data primer dan sekunder pada evaluasi diambil melaui survey lalu lintas secara langsung di lapangan, penelitian ini dilakukan pada saat kondisi jam sibuk. Kemudian dievaluasi lah data dalam keadaan Eksisting, dan didapatlah hasil indeks tingkat pelayanan simpang nya. Jika indeks tingkat pelayanan nya tidak memenuhi syarat, maka dilakukanlah evaluasi dengan kondisi yang direncanakan .

 

Berdasarkan hasil analisis perhitungan kondisi eksisting, didapatlah hasil derajat kejenuhan ( DS ) sebesar 0.794 dan tundaan rata – rata ( DT ) sebesar  31.27 det/smp, maka indeks tingkat pelayanan (ITP) termasuk dalam level “D”.

 

Kinerja simpang Jl. A. Yani Km. 33 – Jl. RO Ulin Loktabat Banjarbaru dapat diperbaiki tingkat pelayanannya dengan menerapkan pengaturan 2 fase. Pada pengaturan simpang 2 fase nilai derajat kejenuhan (DS) mengalami perbaikan menjadi 0,654, dan tundaan (DT) menurun menjadi 9,62 det/smp maka nilai indeks tingkat pelayanan (ITP) simpang menjadi “B”.

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Indeks Tingkat Pelayanan, Simpang Tak Bersinyal.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI