DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dampak Program Kampung Pelangi Terhadap Status Cemar Sungai Kemuning Berdasarkan Parameter Limbah Domestik
PENGARANG:Ahmad Ridwan Rosyadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-11


ABSTRAK

 

Rosyadi, Ahmad Ridwan. 2021. Dampak Program Kampung Pelangi Terhadap Status Cemar Sungai Kemuning Berdasarkan Parameter Limbah Domestik. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Emmy Sri Mahreda; Dr. Rizqi Puteri Mahyudin, S.Si, M.S; Dr. Kissinger, S.Hut, M.Si.

 

Kata kunci: air, pencemaran, sungai, limbah

 

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) menganalisis kualitas air Sungai Kemuning pasca adanya program Kampung Pelangi berdasarkan baku mutu air kelas II, 2) menganalisis status cemar Sungai Kemuning berdasarkan baku mutu air kelas II sebelum dan setelah adanya program Kampung Pelangi, 3) menganalisis status cemar per parameter dari bagian hulu, hilir dan tengah Sungai Kemuning ditinjau dari pa

rameter limbah domestik. Penelitian ini dilaksanakan di Sungai Kemuning, Kota Banjarbaru – Kalimantan Selatan.  Pengukuran dan pengambilan sampel air dilkukan dengan pengamatan dan pengukuran langsung di lapangan (in situ) dan pengujian laboratoriun (ex situ).Lokasi pengambilan sampel mewakili sungai bagian hulu, bagian tengah yang melewati kampung pelangi sebanyak tiga titik, dan bagian hilir / muara.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas air pasca adanya program Kampung Pelangi tidak tercemar di bagian hulu dengan nilai PI 0,2629, tercemar ringan di bagian tengah serta hilir dengan nilai PI 3,258 dan 3,152.Status cemar membaik setelah adanya program Kampung Pelangi di tahun 2017 – 2018 jika dibandingkan dengan  tahun 2016 namun mengalami peningkatan di tahun 2019.Status cemar melebihi baku mutu air kelas II pada parameter COD, BOD, dan Phosphat akibat limbah domestik seperti sampah, limbah industri tempe, dan deterjen dari usaha laundri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI