DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENGENAL HEWAN KELAS IV SDN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD ANDRY RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-12


Keterbatasan media dan alat peraga menjadi masalah utama guru dalam menyampaikan materi mengenal hewan kepada siswa yang cenderung aktif. Permasalahan tersebut memicu peneliti dalam mencari solusi agar terciptanya pembelajaran yang berinovasi. Melalui pengembangan media Augmented reality diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media Augmented Reality pada mata pelajaran IPA materi mengenal hewan kelas IV SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin, (2) Mengetahui bagaimana kelayakan media Augmented Reality pada Mata Pelajaran IPA materi mengenal hewan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiaragajan (1974). Tahap pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Media Augmented Reality materi mengenal hewan ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi dari ahli media. Hasil validasi ahli media berdasarkan isian kuesioner menujukan bahwa nilai kelayakan yang didapat adalah 4.8 dengan koefisien 96% dengan kriterian “sangat layak”. (2) Media Augmented Reality materi mengenal hewan ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi. Hasil validasi ahli materi berdasarkan isian kuesioner menujukan bahwa nilai kelayakan yang didapat adalah 4.6 dengan koefisien 92% dengan kriterian “sangat layak”. Maka hasil pengembangan media yang telah dilakukan dinyatakan sangat layak digunakan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI