DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PERBANDINGAN KECEPATAN, DEBIT DAN SKALA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MAKE A MATCH DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN KUIN CERUCUK 5 BANJARMASIN
PENGARANG:RIA RUKMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-12


ABSTRAK

 

Rukmini Ria. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar dalam perbandingan kecepatan, debit dan skala Melalui Kombinasi Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Make A Match Dengan Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Cerucuk 5 Banjarmasin. Skripsi S1 PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci : Meningkatkan Hasil Belajar perbandingan kecepatan, debit dan skala Melalui Kombinasi Model Student Teams Achievement Divisions (STAD), Make A Match, Model Picture and Picture

 

Permasalahan yang terjadi adalah hasil belajar siswa kelas V yang rendah, dan cenderung kurang aktif atau pasif dalam pembelajaran, serta tidak adanya interaksi antara siswa dalam bertukar pikiran atau berdiskusi. Siswa merasa jenuh atau bosan dalam belajar yang mengakibatkan anak kurang memahami materi, nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) tidak tercapai dari 75. Dari jumlah keseluruhan siswa 32 orang, siswa yang berhasil hanya 40%. Oleh karena itu solusinya dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Matchdengan picture and picture.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar Perbandingan kecepatan, debit dan skala melalui kombinasi model Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Matchdengan picture and picturepadasiswa kelas V SDN Kuin Cerucuk 5.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek dari penelitian ini berjumlah 32 orang siswa kelas V SDN Kuin Cerucuk 5Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis persentasi. Indikator keberhasilan  tindakan ini dinyatakan berhasil apabila.aktivitas guru dalam mengajar, secara klasikal 85%, aktivitas siswa  kategori aktif dan sangat aktif  ≥ 70%. Hasil belajar siswa rata-rata kelas ketuntasan belajar secara klasikal apabila jumlah siswa mendapat nilai  mencapai 75% dari seluruh siswa dengan KKM 75.

Hasil penelitian bahwa hasil aktivitas guru dalam menerapkan modelmodel Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Matchdengan picture and picture mencapai skor 30 termasuk dalam kategori “sangat baik terlaksana”. Aktivitas siswa mencapai 92% termasuk dalam  kategori “sangat aktif”. mencapai 85 termasuk “tuntas” dalam proses pembelajaran Perbandingan kecepatan, debit dan skala. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Maka disarakan perlu diterapkan Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Matchdengan picture and picture dalam pembelajaran yang lain.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI