DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMA 6 “PANAS DAN PERPINDAHANNYA” SUB TEMA 1 TENTANG SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DIKOMBINASI DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN GROUP INVESTIGASI SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:ROIHANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-12


ABSTRAK

 

Roihanah, 2020. Meningkatkan hasil  belajar  siswa pembelajaran tema 6  “Panas dan Perpindahannya” sub tema 1 tentang Suhu dan Kalor menggunakan  model  picture and picture dikombinasi dengan examples non examples dangroup investigasi siswa kelas V SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin. Skripsi S1 PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci : hasil  belajar,  model  picture and picture, examples non examples dangroup investegasi

 

Kenyataaan yang terjadi saat ini siswa saat proses pembelajaran berlangsung  tentang materi “Panas dan Perpindahannya” yaitu pelajaran IPA. Siswa terlihat masih pasif dalam  proses  belajar  mengajar yang dilaksanakan pada pembelajaran. Siswa kurang termotivasi dalam belajar kemudian siswa ribut saat belajar dan mereka kurang konsentari dalam belajar tentang masalah pembelajaran IPA tersebut.   Cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dikombinasi dengan modelExamples non Examples dan Group Investigasi agar hasil belajar mereka lebih baik dan meningkat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar siswa tema 6  “Panas dan Perpindahannya”sub tema 1 tentang Suhu dan Kalor menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dikombinasi dengan model Examples non Examples dan Group Investigasi di kelas  V  SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PTK. Subjek dari penelitian ini berjumlah 32 orang siswa yang ada di kelas V SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis persentasi. Indikator keberhasilan  tindakan ini dinyatakan berhasil apabilaaktivitas guru dalam mengajar, secara klasikal 85%, aktivitas siswa  kategori aktif dan sangat aktif  ≥ 70%. Hasil belajar siswa rata-rata kelas ketuntasan belajar secara klasikal apabila jumlah siswa mendapat nilai  mencapai 75% dari seluruh siswa dengan KKM 70.

Hasil penelitian bahwa aktivitas mengajar guru mencapai skor 29 termasuk dalam kategori sangat baik terlaksana. Hasil aktivitas siswa mencapai persentasi 93.2% termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa mencapai 83.3 termasuk dalam kategori “tuntas”. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan baik. Maka disarankan penelitian selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran ini pada pembelajaran yang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI