DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PRIORITAS PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN JALAN YANG BERSUMBER DARI ALOKASI DANA DESA (ADD) DENGAN METODE RURAL ACCESS INDEX (RAI)
PENGARANG:MYRZA FAZRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-12


ABSTRAK

 

 

ANALISIS PRIORITAS PROGRAM PEMBANGUNAN  

DAN PEMELIHARAAN JALAN YANG BERSUMBER

DARI ALOKASI DANA DESA (ADD)

DENGAN METODE RURAL ACCESS INDEX (RAI)

 

MYRZA FAZRINA

NIM: 1620828320032

 

 

Penentuanprioritaspembangunanjalan daerah,terutamajalan perdesaan, saatinimasihmenggunakan banyak metode sesuai dengan fakta objektif kondisilapangan. Hanya saja semua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, perlu dicari metode lain yang lebih mudah diaplikasi dalam rangka menentukan prioritas pembangunan dan pemeliharaan jalan Desa di Wilayah Kabupaten Tanah Laut, terutama yang menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD).

 

UntukmenentukansuatuDesaapakahtelahmemilikiaksesibilitas prasaranajalanyangmemadai,diperlukan suatumetodeanalisisuntukmenilaiindeksaksesibilitas. Salahsatunyaadalahmetodeyangrelevan adalah Metode Rural Access Index (RAI) yang dikeluarkan oleh World Bank pada Tahun 2006. Metode ini menggunakan populasipenduduksebagaivariabeltetapterhadapaksesareayang spesifik.

 

Penelitianini mencoba menggunakan metode RAI untuk menentukan prioritas program pembangunan dan pemeliharaan jalanDesadi Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.Berdasarkan metodeRAIdiperoleh penilaian indeksaksesibiltasruas jalan desa mana saja yangdibutuhkan masyarakat,jika dikaitkandenganproporsipopulasi penduduknya.

 

Berdasarkan hasil perhitungan nilai RAI Desa Martadah Baru dianggap sebagai Desa dengan nilai RAI terendah terhadap akses permukiman, sedangkan Desa Kayu Habang adalah Desa dengan nilai terendah terhadap akses lahan pertanian. Sehingga dapat ditentukan bahwa kedua Desa tersebut sangat membutuhkan prioritas pembangunan dan peningkatan jalan perdesaan dibandingkan Desa lainnya di Kecamatan Tambang Ulang.

 

KataKunci:Jalandesa,Analisadata jalan,Program prioritas, Aksesibilitas,RAI.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI